Home Gaya Hidup Karnaval Sigale Gale Momentum Mengangkat Budaya Samosir

Karnaval Sigale Gale Momentum Mengangkat Budaya Samosir

Samosir, Gatra.com – Karnaval Sigale Gale merupakan salah satu atraksi yang disuguhkan bagi pengunjung Danau Toba di Pulau Samosir. Atraksi ini diyakini mampu mendongkrak kunjungan wisata.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan bahwa karnaval Sigale Gale menjadi momentum mengangkat kekuatan budaya Samosir. Karena jelas atraksi budaya menjadi magnet yang sangat luar biasa bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

"Tadi banyak wisatawan mancanegara yang juga hadir di karnaval ini. Ada dari Malaysia, Taiwan, Swiss, Jerman dan sebagainya. Ini momentum untuk memanjakan mereka dan menjadi sebuah cerita manis sekembali mereka ke negaranya masing-masing," terangnya, Sabtu (8/5).

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Danau Toba Diatas 50 ribu

Sementara itu, Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar, Esthy Reko Astuti mengatakan Sigale Gale karnaval memperkaya atraksi wisata di Samosir. Hal ini menjadi penting untuk semakin mengangkat pariwisata Danau Toba. Karena atraksi merupakan cara efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

Contoh konkrit Banyuwangi. Banyuwangi telah bertransformasi menjadi destinasi unggulan berkat atraksinya. Disamping itu pemimpin daerahnya juga mempunyai komitmen yang kuat untuk memajukan pariwisata.

Baca Juga: Wisata Alam Sipinsur Salah Satu Kunjungan Prioritas

Informasi yang dihimpun Gatra.com menyebutkan karnaval Sigale gale 2019 mengangkat tema The Beauty of Ulos. Parade tersebut menjadi tontonan sejumlah pengunjung. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa Sigale gale menjadi identitas budaya dari Samosir. Kemasyuran namanya patut menjadi sebuah kebesaran budaya Batak Samosir. Apalagi karnaval ini juga selalu mengangkat kain Ulos yang juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya Batak.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

956

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR