Home Politik Pilkada Serentak 2020, PKB Riau Bidik 4 Kabupaten

Pilkada Serentak 2020, PKB Riau Bidik 4 Kabupaten

Pekanbaru, Gatra.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau akan mengupayakan kadernya bisa bersaing di panggung 4 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk tingkat kabupaten/kota. Keempat daerah itu antara lain Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Riau, Ade Agus Hartanto, pihaknya mengincar 4 pilkada tersebut tanpa menepikan upaya memenangkan 8 pilkada lainya.
 
"Kita tentu mengusung kader - kader terutama di daerah yang punya potensi suara yang agak cukup. Sejauh ini di 4 kabupaten tersebut kita pastikan memasang kader untuk maju," jelasnya kepada Gatra.com, Rabu (12/6).
 
Ade menambahkan PKB memiliki modal politik yang dapat digunakan untuk mengusung kader. PKB diketahui memiliki 4 kursi DPRD di Kabupaten Inhu, 3 kursi DPRD di Kabupaten Kuansing, 3 kursi di DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Saat ini selain kader bersiap, kita Partai PKB juga mulai membuka pembicaraan dengan parpol-parpol lain, soalnya kita tidak memiliki suara yang memungkinkan untu maju sendiri," katanya.
 
Jika dibandingkan partai bercorak Islam lainya, PKB termasuk partai yang jarang dapat mendudukan kadernya sebagai Bupati atau Wakil Bupati di Provinsi Riau. Torehan tersebut berbeda dengan Partai Amanat Nasional (PAN) maupun Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
 
Nah, tahun depan partai politik di Riau bakal disibukkan oleh  8 Pemilukada serentak. Ini merupakan hajatan politik terbesar yang dihadapi parpol setelah bergulirnya Pemilu serentak 2019. Akankah PKB akan bisa menjadi pemimpin koalisi?
 
 
796