Home Ekonomi Kemenag Mendapatkan Opini WTP

Kemenag Mendapatkan Opini WTP

Jakarta, Gatra.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia menyerahkan 7 Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementrian/Lembaga (LKKL) dan Badan lainnya Tahun 2018 yang berada dalam lingkup tugas Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V. Penyerahan ini dilakukan oleh Anggota V BPK, Isma Yatun kepada para pimpinan Kementerian Lembaga di Auditorium BPK, Jalan Gatot Subroto No. 31, Jakarta, Jumat (14/6).

LHP LKKL yang diserahkan terdiri atas Laporan Keuangan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Agama, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), serta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Isma mengatakan bahwa dari 7 laporan keuangan berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Auditorat Keuangan Negara V BPK RI, tidak menemukan permasalahan signifikan yang secara material dapat mengganggu kewajaran penyajian keuangan kementerian dan lembaga serta badan lainnya di lingkungan AKN V.

"Untuk itu, BPK RI memberikan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2018 kepada Kemendagri, Kemenag, BNPP, BPWS, BPKS, BP Batam, dan BPKH," ujarnya.

Dia mengungkapkan dengan demikian seluruh entitas di lingkungan AKN V telah mampu meraih dan mempertahankan opini WTP pada tahun-tahun sebelumnya. BPK, lanjutnya mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan entitas dan jajarannya yang telah berhasil dan mempertahankan opini WTP tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin juga mengucapkan terimakasih kepada BPK RI yang terus menerus mengingatkan instansinya untuk melakukan pengelolaan APBN yang akuntabel melalui pemeriksaan dilakukan secara rutin.

"Kami semakin mawas diri dan berupaya meningkatan antisipasi dan kelemahan yang ada dengan melakukan langkah-langkah yang kami anggap tepat," kata Lukman.

Penyerahan LHP dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, para Kepala Badan, para Pejabat Struktural Eselon I dan II beserta jajarannya serta para pejabat AKN V BPK. Sebelumnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima LHP oleh Auditor Utama V BPK, Bambang Pamungkas dengan para Sekjen dan para Kepala Badan terkait.

457