Home Politik Soal Isu Radikalisme di KPK, Saut: Jangan Lihat Celana dan Jenggot

Soal Isu Radikalisme di KPK, Saut: Jangan Lihat Celana dan Jenggot

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menanggapi tudingan isu radikal di dalam lembaga antirasuah. Ia mengatakan, tidaklah pantas menilai satu individu atau lembaga hanya dari penampilannya.

Menurut Saut, seseorang dapat dinilai dari ucapan dan tindakannya. Apalagi menurutnya segala yang dikerjakan di KPK dapat dipantau dan dinilai oleh publik.

 

"Ya, jangan dilihat celanalah, jenggotlah , atau bajulah , itu luarnya saja dan style-nya  saja," kata Saut saat dikonfirmasi, Jumat (14/6).

Baca juga: Saut Situmorang Dukung Pansel KPK Cari Capim Bebas Radikalisme

 

Lagi pula lanjut Saut, dalam internal KPK sudah memiliki badan pengawas. Yang terpenting menurutnya adanya proses check and balance sehingga dapat dievaluasi. Evaluasi tidak hanya untuk staf, termasuk kesemua jabatan termasuk pimpinan.

Baca juga: Jaksa Agung Kantongi Nama Usulan Calon Komisioner KPK

 

"Soal bagaimana kegiatan mereka di luar KPK, asal tidak conflict of interest dengan KPK, monggo saja," ujar mantan staf ahli Badan intelijen Negara (BIN) itu.

 

Bahkan, berdasarkan pengalaman, kata Saut, KPK sudah beberapa kali melakukan mutasi terkait performa. Bahkan juga ada gugatan ke PTUN. Semua itu menurutnya adalah dinamika sebuah lembaga.

 

596