Home Ekonomi Produksi Sampah di Sumut Mencapai 3,7 Juta Ton Pertahun

Produksi Sampah di Sumut Mencapai 3,7 Juta Ton Pertahun

Medan, Gatra.com - Persoalan sampah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan masalah klasik. Sebab, hingga saat ini belum ditemukan solusi mengatasi persoalan sampah secara komprehensif.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut, Binsar Situmorang mencatat jumlah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat di 33 kabupaten/kota mencapai 10,1 ton perhari.

Baca Juga: Pemprov DKI Susun Pergub Sampah plastik: Dendanya Hingga Rp25 juta

"Dengan jumlah penduduk yang mencapai 14,4 juta jiwa tahun 2018, jumlah sampah yang dihasilkan perhari sekitar 10,1 ton. Kalau setahun sampai 3,7 juta ton," ujarnya saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Medan, Selasa (18/6).

Dia mengibaratkan, persoalan sampah di Sumut seperti bom waktu yang semakin meresahkan masyarakat. Pasalnya, hampir seluruh kabupaten/kota di Sumut masih belum mampu menanggulangi masalah ini dengan baik dan bekelanjutan.

Baca Juga: Aplikasi Ini Ubah Sampah Warga Yogyakarta Jadi Rupiah

"Tanpa ada perubahan yang mendasar, terutama dalam aspek hukum dan kelembagaan, masalah sampah di Sumut ibarat bom waktu yang semakin meresahkan masyarakat," tuturnya.

Rapat koordinasi sendiri turut hadiri sejuah perwakilan perusahaaan seperti PLN, KIM dan lain sebagainya. Diakuinya, tidak semua sampah mampu dikelola dengan baik, mulai dari pengelolaan sampah di rumah tangga maupun penanganan yang dil
akukan oleh petugas yang menanggungjawabi pengelolaan sampah.

1705

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR