Home Olahraga Promosi Wisata Maluku, Kapolda dan Kasdam Gowes Bersama

Promosi Wisata Maluku, Kapolda dan Kasdam Gowes Bersama

Ambon, Gatra.com- Kepala Polda Maluku Irjen Pol Royke Lomowa dan Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan melakukan gowes menuju Pulau Osi. Mereka mengayuh sepeda sejauh 87 Km.

Pulau Osi merupakan salah satu obyek wisata populer di Provinsi Maluku. Daerah ini berada di Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Bersama sejumlah pejabat utama dari kedua jajaran aparat keamanan di Maluku ini, Royke dan Asep bersepeda dari Pelabuhan Waipirit, Kabupaten SBB, Minggu (23/6/2019).

Gowes yang dua petinggi Polri dan TNI ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata, menguatkan sinergitas, sekaligus menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

"Maluku kaya wisata tapi banyak yang belum tahu, makanya gowes yang kita lakukan ini tujuannya itu," ungkap Royke kepada wartawan.

Mantan Kakor Lantas Polri ini mengaku Gowes merupakan olahraga bersepeda yang sangat sederhana dan murah.

Olahraga ini, tambah dia, banyak peminatnya, termasuk dari kalangan masyarakat yang menggemarinya.

"Nah di situlah cara yang cepat dan mudah untuk mempromosikan wisata kita ini," jelasnya.

Gowes kali ini, kata Royke, pihaknya melibatkan ratusan peserta. Selain anggota TNI, Polri, dan masyarakat, juga terdapat sejumlah komunitas pecinta olahraga ini yang berskala nasional.

"Kita libatkan TNI baik AD, AL, dan AU sekitar 40 orang yang dipimpin Pak Kasdam. Kalau Polri 50 orang dan masyarakat 10 orang. Masyarakat ini di dalamnya ada goweser nasional juga, sehingga tidak sia-sia kita promosikan daerah ini," terangnya.

Jenderal Polisi Bintang Dua ini mengaku, pihaknya akan melakukan gowes ke seluruh daerah di Maluku yang memiliki tempat-tempat wisata. Tujuannya sama yaitu untuk mempromosikan pariwisata Maluku agar dikenal luas secara nasional maupun internasional.

"Sebelumnya kita sudah lakukan gowes disejumlah kabupaten. Mungkin Maluku Barat Daya (MBD), Maluku Tenggara (Malra) dan Kepulauan Aru yang belum. Tapi kedepan kita akan buat biar orang bisa tahu daerah ini," harapnya.

Senada, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan juga mengakui jika gowes merupakan olahraga yang murah meriah, tapi sangat menyehatkan.

Pihaknya, lanjut orang nomor 2 TNI AD di Maluku dan Maluku Utara ini mengaku akan terus mendukung Polda dan Pemerintah Daerah Maluku untuk bersama memajukan daerah ini.

"Kita dukung terus langkah pak Kapolda dan pemerintah untuk sama-sama membangun Maluku, lewat goees ini. Gowes ini mudah, meriah dan sangat menyehatkan sehingga siapa pun bisa bergabung dan ikut," terangnya.

Jenderal TNI Bintang 1 ini mengaku dalam pelaksanaan gowes tadi, medan yang ditempuh dari Pelabuhan Waipirit sampai Pulau Osi, cukup menantang. Medan yang dilalui tersebut, termasuk asyik bagi para goweser.

"Medannya mantap, karena ada tanjakan dan turunan kemudian para goweser juga senang karena bisa menuju lokasi wisata. Panjangnya 87 Km dari Waipirit," sebutnya.

Selain Gowes, Polda Maluku juga menggelar kegiatan bhakti sosial seperti pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di Pulau Osi.

"Kami juga melakukan penanaman puluhan anakkan pohon mangrove, dan penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga," tambah Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat kepada Gatra.com, tadi malam.

 

318

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR