Home Ekonomi DPR Nilai Distribusi Dana Desa Belum Maksimal

DPR Nilai Distribusi Dana Desa Belum Maksimal

Jakarta, Gatra.com - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI fraksi PDIP Sirmadji mengatakan, kebijakan transfer ke daerah dan dana desa masih belum merata. Menurutnya, target kebijakan ini lebih banyak terfokus di Pulau Jawa saja.

"Walaupun angka persisnya saya belum lihat, kalau disempurnakan kembali, formulasi distribusi terhadap transfer, disempurnakan kembali yang lebih berpihak kepada luar jawa. Lebih berpihak kepada kemiskinan bukan kepada Pulau Jawa," ujar Sirmadji dalam Rapat Panja Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa di Ruang Rapat Banggar DPR RI, Jakarta, Senin (1/7).

Ia menambahkan, distribusi dana desa harus lebih disempurnakan lagi karena menurutnya saat ini belum terlihat adanya keberpihakan terhadap desa miskin. 

"Saya apresiasi dalam hal transfer dana desa, disitribusinya memang sudah disempurnakan dan harus terus disempurnakan lagi sampai mencapai titik equilibrium," jelasnya.

Ia menambahkan, seharusnya distribusi dana desa disesuaikan dengan luas wilayah desa. Oleh karena itu Sirmadji meminta penyempurnaan formula distribusi.

"Tolong disempurnakan lagi, nanti dinaikkan, lalu formulanya disempurnakan lagi, sehingga tidak menimbulkan penurunan dana desa akibat penyempurnaan formula itu," tegasnya.

190