Home Gaya Hidup Mengenal Potensi Wisata di Halmahera Barat

Mengenal Potensi Wisata di Halmahera Barat

Jakarta, Gatra.com - Sebagai salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ternyata menyimpan potensi wisata yang kaya. Karena itu untuk mengenalkan potensi wisata ini kepada masyarakat, Halmahera Barat turut menjadi salah satu peserta di gelaran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta tanggal 3-5 Juli 2019.

Membawa tagline "Pesona Budaya Kepulauan Rempah," stand Halbar tampil cantik dengan menghadirkan beragam produk kreatif UMKM di daerah asalnya. Tak hanya itu, Halmahera Barat juga mempromosikan potensi wisata alam dan budaya yang menjadi keunggulan daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat Fenny Kiat mengatakan selain diberkahi alam yang indah, wilayah di Halbar juga kaya budaya, apalagi ada tujuh suku yang mendiami kabupaten ini.

"Ada Suku Jailolo, Sahu, Wayoli, Tobaru, Gorap, Gamkonora, dan Loloda. Semua suku ini membuat Halmahera kaya akan budayanya. Kalau wisata alam kami punya air terjun Mari Poroco, ada Bukit Tanah Putih yang menjadi tempat betkembangnya satwa endemik Burung Bidadari, mangrove, air panas, Gunung Api Ibu, dan wisata-wisata pantai yang jadi unggulan," pungkasnya saat ditemui Gatra.com di stand Halmahera Barat, JCC, hari ini, Rabu (3/7).

Dari segi amenitas, Halmahera Barat mengunggulkan homestay. Wisatawan yang berkunjung dapat memilih beragam homestay yang banyak didirikan penduduk sekitar. Sayangnya belum ada bandara di kabupaten ini. Namun, wisatawan dapat masuk ke Halmahera Barat dari Bandar Udara Internasional Sultan Babullah, Ternate. Menurut Fenny, dari bandara ini wisatawan dapat menyeberang selama 45 menit menggunakan kapal untuk sampai ke Jailolo, ibukota kabupaten Halbar.

Fenny mengapresiasi penyelenggaraan event AOE 2019. "Saya harap orang semakin mengenal Halbar dengan seluruh potensi yang dimiliki, kami juga berharap dengan ajang ini bisa menjaring investor yang ingin mengembangkan wisata di Halbar," pungkasnya.

Tahun ini Halbar menargetkan kunjungan 17.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

1312