Home Ekonomi SAE 2019 Pertemukan 150 Pengusaha Bidang Pertanian

SAE 2019 Pertemukan 150 Pengusaha Bidang Pertanian

Semarang, Gatra.com - Sebanyak 150 pengusaha bidang pertanian dari Jawa Tengah, luar provinsi, dan luar negeri bertemu pada Soropadan Agro Expo (SAE) 2019. SAE yang dikuti 35 kabupaten/kota serta instansi terkait merupakan ajang promosi produk pertanian dan komoditas unggulan di Jawa Tengah (Jateng).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jateng, Sri Puryono, mengatakan, SAE 2019 mempertemukan pengusaha bidang pertanian dari dalam dan luar negeri dengan petani dan mengikuti pasar lelang.

“Kami mengundang pengusaha bidang pertanian dari luar negeri antara lain Thailand Singapura, Australia, dan Malaysia, serta dari luar provinsi, yakni Sumatera Barat, Jambi, Bali, Jawa Timur, dan Gorontalo,” katanya dalam sambutan pembukaan SAE 2019, di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Soropadan, Temanggung, Kamis (4/7).

Lebih lanjut, Puryono yang juga Ketua Panitia SAE 2019, menyatakan bahwa kegiatan bertema “Korporasi Petani dan Integrasi Teknologi Informasi Menuju Petani Semakin Sejahtera" sekaligus untuk memperluas jaringan agrobisnis dengan membuka peluang pasar baru bagi produsen dan pengusaha nasional.

Untuk itu,  ia menghadirkan pengusaha, penjual produk agrobisnis yang potensial untuk bertemu dengan petani, memperkenalkan teknologi pertanian yang akan memberikan kemudahan bagi petani. “ SAE  ini untuk menggarap potensi pertanian di tingkat lokal, regional, dan nasional agar mampu bersaing secara terbuka dan profesional di pasar global,” ujarnya.

Menurut Puryono,  SAE 2019 juga mengenalkan pemasaran produk-produk pertanian menggunakan teknologi informasi, penjualan secara online untuk memutus mata rantai pemasaran sehingga petani mendapatkan harga lebih baik.

Digitalisasi pertanian  diharapkan mampu meningkatkan hasil panen melalui pengumpulan data dari petani, lahan, pertanian, serta memaksimalkannya percepatan proses distribusi.

“Selama berlangsung SAE hingga Senin (8/7) digelar pelatihan marketing online gratis, workshop, seminar, dan saresehan tentang pertanian,” katanya.

 

335