Home Teknologi Pemprov DKI Jakarta Siap Perangi Pencemaran Udara

Pemprov DKI Jakarta Siap Perangi Pencemaran Udara

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 dengan berbagai kegiatan yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta, hari ini Sabtu (6/7). Peringatan tahun ini mengusung tema Beat Air Polution atau Atasi Pencemaran Udara.

Tema ini dipilih mengingat kondisi kualitas udara Jakarta akhir-akhir ini mengalami penurunan. Berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, dari Januari-Juni 2019, terjadi tren kenaikan jumlah hari yang melampaui baku mutu, khususnya untuk parameter PM 2.5. Pencemar terbesar udara Ibu Kota adalah partikulat PM 2.5 atau partikel debu berukuran 2.5 mikron yang bersumber dari kendaraan bermotor, asap cerobong industri, debu dari kontruksi pembangunan infrastruktur, dan kegiatan domestik.

Baca Juga: Ukur Kualitas Udara, Ini Syaratnya Menurut KLHK

"Memperbaiki kualitas udara Jakarta adalah tugas bersama pemerintah dan seluruh warga Jakarta. Oleh karena itu, peringatan tahun ini diaktualisasikan dengan melibatkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari murid SD, SMP, SMA, penyandang disabilitas serta masyarakat umum, utamanya pemilik kendaraan bermotor," ujar Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Andono Warih di Jakarta, Sabtu (6/7).

Hal-hal yang dapat dilakukan warga Jakarta dalam mengatasi pencemaran udara, lanjut Andono, antara lain mengubah gaya hidup dengan berpindah dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum massal. Terlebih transportasi publik di Ibu Kota sudah terintegrasi melalui JakLingko.

Pengguna kendaraan bermotor juga dapat ikut mengurangi polusi udara dengan melakukan uji emisi kendaraannya secara rutin setiap enam bulan sekali di bengkel pelaksana uji emisi. Tujuannya untuk memastikan emisi yang dihasilkan kendaraannya tidak melampaui ambang batas yang telah ditetapkan. Masyarakat dapat menggalakan penggunaan sepeda dan berjalan kaki. Apalagi trotoar Jakarta juga sudah dibenahi.

Baca Juga: Pemasangan Alat Ukur Udara di Jakarta Harus Berdasarkan Riset

Masyarakat juga dapat menggiatkan penanaman pohon yang bisa mengurangi polusi udara di lingkungan rumah dan kantornya masing-masing. Bisa pula membuat vertical garden dan hidroponik bagi warga yang tidak memiliki halaman.

"Ini harus menjadi gerakan masyarakat. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan bentuk kampanye kami untuk membangun kesadaran bersama agar terlibat dalam perbaikan kualitas udara Jakarta," kata Andono.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini untuk tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan di Kawasan Lapangan Banteng, Sabtu, 6 Juli 2019. Berbagai kegiatan digelar diantaranya: Uji Emisi Kendaraan Bermotor gratis khusus roda empat, penanaman pohon penyerap polutan, pembuatan dan pengisian Lubang Resapan Biopori (LRB), plus aksi pungut sampah organik di sekitar area Lapangan Banteng.

 

 

223