Home Gaya Hidup Tujuh Hostpot Terpantau di 5 Kecamatan, Tebo Siaga Karhutla

Tujuh Hostpot Terpantau di 5 Kecamatan, Tebo Siaga Karhutla

Tebo, Gatra.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo mencatat terdapat tujuh titik panas (hotspot) di lima kecamatan di Kabupaten Tebo.

"Rata-rata titik hotspot tersebut terpantau satelit berada di lahan masyarakat. Dengan adanya titik itu Tebo dalam status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," kata Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Tebo, Antoni Faksi, Rabu (10/7).

Dikatakan Antoni, tujuh hostpot tersebut berdasarkan pantauan satelit modis Terra dan Aqua dengan akurasi lebih dari 50 persen. Hotspot tersebut terpantau sejak Mei hingga Juni 2019 lalu.

"Di Desa Balai Rajo Kecamatan VII Koto Ilir sebanyak 2 titik, Desa Betung Berdarah Timur Kecamatan Tebo Ilir 1 titik, Desa Pemayongan Kecamatan Sumay 2 titik, Desa Sungai Abang Kecamatan VII Koto 1 titik dan Desa Tanah Garo Kecamatan Muaro Tabir sebanyak 1 titik," kata Antoni menjelaskan.

Dia juga menjelaskan bahwa dari tujuh hostpot tersebut ada satu titik yang memiliki level confidence yang artinya kuat dugaan ada aktivitas pembakaran hutan lahan yang dilakukan warga sekitar.

Sementara, berdasarkan surat dari BMKG Provinsi Jambi Nomor ME 401322/KDJE/VI/2019 tanggal 12 Juni 2019, secara umum awal musim kemarau diperkirakan terjadi pada bulan Juni, dan puncaknya diperkirakan akan terjadi pada Agustus 2019 mendatang.

"Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu siap siaga dan tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan," kata dia.

531