Home Gaya Hidup Menag Warning Cuaca Panas di Tanah Suci

Menag Warning Cuaca Panas di Tanah Suci

Palembang, Gatra.com - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin mengingatkan para calon jemaah haji akan cuaca panas di tanah suci.

Peringatan ini diberikan kepada seluruh calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun ini.

Dikatakannya, cuaca panas di tanah suci lebih panas ketimbang tahun sebelumnya. Karena itu, para jemaah haji hendaknya mengkonsumsi air putih yang lebih dari cukup.

"Kondisi cuaca lebih panas dari tahun sebelumnya, jemaah harus menjaga kesehatan fisik dan menjaga pola hidup sehat, jangan tidur larut malam," ucapnya usai meresmikan gedung Tower Rafa dan Student Center di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Kamis (11/7).

Dalam kesempatan ini, Lukman juga memberikan imbauan kepada jamaah haji yang belum berangkat agar betul-betul menjaga kondisi kesehatan dan staminanya.

"Saya mendapatkan informasi dari Kakanwil Sumsel, jika embakasi Palembang bukan hanya memberangkatkan jamaah asal Sumsel saja tetapi dari Bangka Belitung dan daerah lainnya. Alhadulillah lancar, ini sudah kloter kelima dan masih berproses kloter selanjutnya," paparnya.

Saat ini Indonesia memiliki 13 embarkasi yang melakukan perekaman suhu tubuh (biometrik). Hal ini, akan memangkas waktu tunggu para jamaah dari bandara ke hotel di Madinah.

"Butuh waktu sekitar 4-5 jam jamaah menunggu di bandara di Madinah sebelum ke hotel, saat ini hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam saja karena sudah terlebih dahulu diperiksa di embarkasi," pungkasnya.

 

Reporter : Karerek

 

314