Home Milenial Kemnaker Sedih Banyak Pekerja Abai Tentang Keselamatan

Kemnaker Sedih Banyak Pekerja Abai Tentang Keselamatan

Jakarta, Gatra.com - Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PPK dan K3) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Sugeng Priyanto menilai masih banyak pekerja kurang peduli terhadap keselamatan kerja. Akibatnya angka kecelakaan kerja di Indonesia tergolong tinggi.

"Isu tentang K3 menurut saya kurang mendapat perhatian proposional dari masyarakat kita. Akibatnya angka kecelakaan tinggi," ungkap Sugeng dalam acara diskusi tentang implementasi keselamatan kesehatan kerja, di Jakarta, Kamis (11/7).

Selama ini, kata Sugeng, Kemenaker gencar mengampanyekan budaya K3 di dunia kerja. Namun masih banyak pekerja yang tidak peduli terhadap keselamatan kerja.

"Ada yang disuruh pakai helm marah atau risih. Padahal itu untuk menjaga kepala mereka dari benturan. Jadi hal seperti ini agak sulit. Tidak semua pekerja mudah menerima hal itu. Kemudian soal sabuk pengaman saat di tempat tinggi atau masker, masih banyak yang abai," paparnya.

Sugeng menilai K3 perlu budaya keselamatan dalam dunia kerja. Tiap pekerja harus memiliki kesadaran keselamatan untuk dirinya sendiri.

"Kita ingin K3 menjadi part of our culture, sehingga tidak perlu harus saya awasi, tidak cukup pengawasan terhadap mereka. Jadi harus tumbuh kesadaran, dimulai dari lingkungan kerja masing-masing," tambahnya.


 

661