Home Milenial Jadi Entrepreneur Jangan Karena Terpaksa

Jadi Entrepreneur Jangan Karena Terpaksa

Depok, Gatra.com - Tokoh Nasional dan CEO Saratoga, Sandiaga Uno hadir dalam kegiatan GerakMU (Gerakan Wirausaha Muda) di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/7). Sandiaga mengatakan bahwa jiwa entrepreneur harus ditumbuhkan dalam diri anak muda, karena peran entrepreneur muda sangat penting bagi perekonomian Indonesia.

"UMKM menjadi tulang punggung ekonomi kita. Bayangkan, saat ini 99,9% dari Unit usaha kita itu UMKM. 97% lapangan pekerjaan diciptakan UMKM. Sangat disayangkan saat ini belum ada kebijakan yang berpihak pada anak muda pencipta lapangan kerja," kata Sandi saat mengisi kegiatan di Balairung UI, Sabtu (13/7).
 
Selain itu, Sandi mengatakan bahwa PR besar yang sedang dihadapi adalah mengubah cara pandang seseorang terhadap entrepreneur. Menurut Sandi saat ini banyak wirausaha atau enterpreneur yang belum berniat menjadi entrepreneur sejak awal memulai. Mereka lebih banyak terpaksa menjadi entrepreneur karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.
 
"Ada mindset yang harus kita ubah tentang entrepreneur. Jumlah entrepreneur kita hanya 3%, ada 55-60 Juta UMKM saat ini. Tapi, rata-rata mereka menjadi entrepreneur by accident bukan by opportunity. Ekosistem ini yang harus diubah, jangan sampai kita menjadi entrepreneur karena terpaksa, karena tidak dapat pekerjaan. Tapi kita menjadi entrepreneur harus karena melihat peluang sukses di dunia entrepreneur," Ungkap Sandi.
 
Berkaca pada pengalaman Sandi saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, dirinya menganggap bahwa anak muda belum terlalu disentuh dan dibina untuk mereka berperan menciptakan UMKM yang dapat menghasilkan lapangan kerja. Untuk itu Sandi mengharapkan sebuah program yang dapat membina dan melakukan pelatihan terhadap pengusaha muda.
 
"Tentunya kita mengharapkan suatu program pelatihan, pendampingan, pembinaan dibidang pemasaran dan perijinan, dan sampai dengan dibantunya permodalan," kata Sandi.
 
 
257