Home Politik Prananda Masuk Bursa Calon Wali Kota Medan

Prananda Masuk Bursa Calon Wali Kota Medan

Medan, Gatra.com - Prananda Surya Paloh, anak dari Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh ikut meramaikan bursa Calon Wali Kota Medan. Prananda akan bertarung di Pilkada serentak 2020 mendatang.

Ketua DPP Partai Nasdem, Martin Manurung mengatakan bahwa Prananda sangat potensial. Prananda Surya Paloh akan menjadi pesaing dari Wali Kota Medan petahana, Dzulmi Eldin. Sebab, di Pilkada Medan 2015 lalu, Partai Nasdem mendukung dan mengusung Dzulmi Eldin - Akhyar Nasution. "Bang Eldin juga bagus," tuturnya, Selasa (16/7).

Baca Juga: Maju di Pilkada Medan, Perseorangan Butuh 105 Ribu Dukungan

Menurutnya, pendaftaran calon kepala daerah di Pilkada serentak 2020 akan dilakukan pada bulan Februari. "Ya mungkin paling cepat akhir tahun atau Januari 2020 ditentukan siapa calonnya," ungkapnya. 

Walaupun begitu, lanjut Martin, Partai Nasdem akan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2020. "Kami sedang buat peraturan organisasinya. Nanti akan diumumkan," tambahnya.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Medan Diusulkan Sebesar Rp92 Miliar

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah NasDem Sumut, Iskandar mengatakan pihaknya telah mempersiapkan langkah taktis ke depan guna menghadapi rangkaian pilkada serentak di 2020. Iskandar menyampaikan, NasDem Sumut memprioritaskan kader internal dalam menduduki jabatan kepala daerah tersebut. "Kami mendahulukan kader internal untuk maju. Tentu saja pertimbangannya harus realistis yang berpotensi dan punya komitmen membangun daerah," ujarnya.

Iskandar mengaku pihaknya tidak menutup diri mengusung tokoh-tokoh memiliki potensi untuk maju. Hingga saat ini, NasDem tengah melakukan pemetaan yang intensif di 23 kabupaten dan kota. "Seperti sama-sama kita ketahui, Pak Eldin (Wali Kota Medan petahana) memiliki ikatan dengan NasDem di mana anaknya saat ini merupakan kader kami. Namun kita masih melihat perkembangan ke depan," katanya.

Baca Juga: Sejumlah Nama Mulai Ramaikan Bursa Pilkada Medan 2020

"Kami juga pastinya akan membuka komunikasi politik dengan para fungsionaris partai lain untuk memenangkan pilkada di beberapa daerah," imbuhnya.

Tak hanya itu, menurut Iskandar saat ini NasDem sedang melakukan penguatan sekaligus konsolidasi. Penguatan itu tidak hanya untuk pilkada serentak 2020 namun pemilu 2024 yang akan datang. Untuk diketahui saat ini Prananda Surya Paloh merupakan anggota DPR RI Fraksi Nasdem dari Dapil Sumut 1. Di Pemilu 2019, Prananda kembali terpilih untuk melenggang ke senayan.

 
529