Home Politik Dishub DKI Akan Terapkan Reakayasa Lalin Saat Lebaran Betawi

Dishub DKI Akan Terapkan Reakayasa Lalin Saat Lebaran Betawi

Jakarta, Gatra.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas sehubungan akan digelarnya acara Lebaran Betawi. Kebijakan itu diberlakukan pada Ahad (21/7).

"Pada Ahad, 21 Juli 2019 pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB akan dilaksanakan Parade Defile yang melibatkan 2.000 orang peserta berjalan kaki," kata Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Kamis (18/7).

Syafrin menjelaskan, rekayasa lalu lintas ini akan diterapkan di ruas Jalan Medan Merdeka Selatan. Di sisi selatan dari jalan tersebut akan dipasang traffic cone ((kerucut rambu) dari depan Kedutaan Besar Amerika Serikat hingga Gedung Kementerian ESDM.

Nantinya traffic cone itu akan membatasi dua lajur lalu lintas untuk kendaraan dan dua lajur untuk peserta parade. Saat parade dimulai, pihak Kepolisian bersama Dishub akan melakukan penutupan jalan dari arah Jalan Ridwan Rais.

"Pengaturan langsung dilakukan petugas ketika peserta melewati Bundaran Air Mancur sehingga tidak terjadi konflik dengan warga yang melakukan car free day," kata Syafrin.

Selain itu, Dishub DKI juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak mengantar peserta parade agar menurunkan di area parkir IRTI. Kemudian petugas akan mengarahkan peserta dari area parkir menuju titik kumpul yang berlokasi di depan Gedung Balai Kota Jakarta.

Sebagai informasi, Lebaran Betawi merupakan acara tahunan yang dikenal sebagai ajang silaturahmi antar warga Jakarta dengan nuansa Betawi setelah Lebaran Idulfitri. Tahun ini, Lebaran Betawi akan digelar pada 19-21 Juli 2019.

 

291