Home Politik Kedubes RI di Timor Leste Benahi Taman Makam Pahlawan

Kedubes RI di Timor Leste Benahi Taman Makam Pahlawan

Dili, Gatra.com - Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Timor Leste akan membenahi 12 taman makam pahlawan yang ada di negara bekas provinsi Indonesia ke-27 tersebut. Dalam proses pembenahan, jasad para pahlawan akan direlokasi menjadi tiga (3) titik lokasi.

“Kami akan membenahi taman makam pahlawan peninggalan Indonesia yang tersebar di dua belas lokasi. Kami akan membuatnya menjadi tiga lokasi. Saat ini lagi dalam proses,” kata Dubes RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus kepada Gatra.com, Senin (22/3).

Ia merincikan jasad tersebut tersebar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suai Covalima sebanyak 49 makam dan Maliana 27 makam. Di Baucau terdapat dua lokasi yakni Tiulale 218 makam, Kailara 313 makam, Dili sebanyak 697 makam dan Haliwen 17 makam.

“ Khusus dua lokasi TMP di Baucau, Tiulale dan Kairala akan digabung jadi satu lokasi. Sementara yang di Suai dan Maliana akan dipindahkan ke TMP Seroja Haliwen Atambua," ujarnya.

Sahat mengatakan kondisi makam para pahlawan Indonesia di Timor Leste saat ini berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Oleh karenanya diperlukan pemugaran dan relokasi. “Kondisi makam para pahlawan kita saat ini sudah memprihatikan. Ada yang makamnya sudah rusak, ada pula yang tinggal batu nisan nya saja. Karena itu kami berupaya membenahi ,” ucapnya.

Pihak Kedubes RI Dili melalui Kementerian Luar Negeri terus membangun komunikasi dengan stakeholder yang berkompeten di Jakarta terkait hal pemindahan dan relokasi makam para pahlawan tersebut. “Kami sudah membangun komunikasi dengan instansi berkompeten soal relokasi makam ini. Prinsipnya mereka sepakat dengan kami”.

Tentang relokasi menjadi tiga lokasi, Sahat mengatakan hal tersebut lebih untuk memudahkan pengontrolan. “Kami merelokasi menjadi tiga bagian untuk memudahkan pengontrolannya. Selain itu juga memudahkan untuk ziarah,” ujarnya lagi.

3275