Home Ekonomi Sumsel Wakili Indonesia Festival Culture di Rumania-Moldova

Sumsel Wakili Indonesia Festival Culture di Rumania-Moldova

 

Palembang, Gatra.com – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dipastikan akan mewakili Indonesia pada Indonesia Festival 2019 di Rumania dan Republik Moldova.

Hal ini diketahui usai Gubernur Sumsel, Herman Deru menerima kunjungan kehormatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova berkedudukan di Bucharest.

Dikatakan Herman Deru, provinsi Sumsel tidak akan melewatkan kesempatan peluang kerjasama tersebut, mengingat banyak potensi hasil sumber daya alam yang akan berdampak pada kemajuan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya bagi petani daerah. “Kerjasama dengan Rumania khusus komoditi karet, dimana langkah ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan di dalam negeri dan dapat melahirkan inovasi baru yang sangat menarik bagi provinsi Sumsel,” ungkapnya. 

Kunjungan ini pun juga penguatan hubungan kerjasama antara Provinsi Sumsel dengan Rumania dan Moldova dalam berbagai bidang mulai dari tekhnologi perternakan sapi, perkebunan karet dan kopi, hingga pelayanan kesehatan. Sumsel dinilai memiliki peranan penting dan strategis di kawasan ini. “Saya bangga kehadiran Dubes luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova M. Amhar Azeth, yang juga merupakan putera daerah asli Provinsi Sumsel,” ujarnya.

Dubes luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova M. Amhar Azeth, menuturkan, Provinsi Sumsel menjadi salah satu provinsi terpilih dari empat provinsi mewakili Indonesia pada Indonesian Festival 2019 di Rumania dan Republik Moldova. “Rumania  merupakan pintu masuk ke Uni Eropa sehingga apa yang telah kami sampaikan, beliau antusias untuk memanfaatkan peluang yang ada di Rumania apakah Rumania itu sebagai market daripada komoditi Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel,” tuturnya. 

Adapun, empat provinsi mewakili Indonesia pada festival di Rumania dan Republik Moldova ialah antara lain Kepulauan Riau, Provinsi Sumsel, Sumbar dan Aceh. “ Terpenting kita kembangkan, hubungan perdagangan pada komoditas Indonesia yang belum masuk ke pasar Eropa Timur. Kegiatan festival culture, budaya, perdagangan dan perkebunan, perternakan serta kesehatan,” pungkasnya.

 

 

313