Home Gaya Hidup Desain Kamu Ingin Melambung ? Yuk Join Bekraft Lewat ORBIT

Desain Kamu Ingin Melambung ? Yuk Join Bekraft Lewat ORBIT

Semarang, Gatra.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberi wadah bagi semua desainer yang ingin melambungkan karyanya supaya diakui secara profesional melalui program Orbit. Orbit telah sukses mencetak 35 desainer Tanah Air sejak diluncurkan pada 2017.

Desainer bertalenta akan diberi kesempatan untuk mempromosikan karya desainnya melalui program pengembangan kapasitas yang berkelanjutan. Melalui program tersebut, desainer  memiliki daya saing tinggi, inovatif dan produktif dalam menciptakan produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global.

"Tak hanya meningkatkan kemampuan, Orbit akan memberikan peluang penciptaan produk dan bisnis, baik skala nasional maupun internasional," kata Toar Mangaribi, Kasubdit Edukasi Subsektor Ekonomi Kreatif Bekraf, saat Sosialisasi Orbit di Semarang, Sabtu (27/7).

Toar menyatakan, para desainer mulai dari desain fesyen, properti, arsitektur, interior, komunikasi visual, tata cahaya, desain produk, tekstil, kriyza dan lanskap. Bisa mengikuti program Orbit, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Desainer yang berminat bisa mendaftarkan diri serta mengirimkan karya dan persyaratan lainnya melalui website http://orbit.bekraf.go.id paling lambat 22 September 2019.

"Ini bukan perlombaan, tapi memberikan reward kepada desainer bertalenta. Sebagai skenario planning dan modelling penguatan ekosistem desain di Indonesia," katanya.

Setiap karya desain yang masuk akan dilakukan kurasi penilaian dan konsolidasi, tahap purwarupa/prototyping, dan yang terakhir adalah kurasi final.

"Desain adalah karya orisinal, berkonsep, diwujudkan, dan bukan karya akademis. Lebih bagus lagi jika desain itu mampu mengangkat sosial ekonomi sekitar," ujarnya.

Desainer yang terpilih akan mendapat sertiflkat penghargaan, fasilitasi hak kekayaan intelektual (HKI), pendampingan dan pelatihan berkelanjutan, publikasi dan diikutkan kegiatan-kegtan Bekraf, magang di dalam  dan luar negeri dan studi banding internasional.

"Yang terpilih di 2019 akan mengikuti tiga program yang berkelanjutan, yaitu program dasar, program penguatan, dan program pengembangan di 2020," ucapnya.

Angelita Nurhadi, desainer fesyen asli Semarang, pemenang Orbit  2018 mengakui manfaat program berkelanjutan Orbit. Jaringan bisnis dia bertambah dan mampu melambungkan karyanya baik di kancah nasional maupun internasional.

"Yang jelas diikutkan dalam event Bekraft sangat membantu marketing dan sales, banyak jaringan tercipta," katanya.

Karya desainnya berupa fesyen 'back to basic' dinobatkan sebagai pemenang Orbit di 2018. Dia menciptakan karya desain fesyen yang awet, tidak membosankan dengan teknik manual bordir. Mempekerjakan para pengrajin bordir Sukabumi yang ada di Jakarta.

"Teknik bordir tangan ada soul-nya dibanding jahit komputerize, dikerjakan para pengrajin bordir Sukabumi yang kehilangan pekerjaan akibat modernisasi. Jadi, karya desain selain bisa dipertanggungjawabkan juga mampu berdampak sosial ekonomi bagi sekitar," ujarnya.

316