Home Olahraga Jokowi Resmikan Stadion Manahan Bulan Depan

Jokowi Resmikan Stadion Manahan Bulan Depan

Solo, Gatra.com– Proyek revitalisasi Stadion Manahan segera selesai. Rencananya proyek ini diresmikan  oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September mendatang.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan saat ini pembangunan Stadion Manahan tengah berjalan. Pemerintah pusat mengerjakan proyek ini dengan skema Kerja Sama Operasional (KSO) antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa.

Baca Juga: Stadion Manahan Solo Diklaim Siap Jadi Lokasi Piala Dunia

”Rencananya beliau (Presiden Joko Widodo) yang meresmikan pada 9 September mendatang, bertepatan dengan Haornas (Hari Olahraga Nasional),” ucap Rudy saat ditemui di sela kunjungannya ke Stadion Manahan Solo, Sabtu (3/8).

Saat diresmikan pada 9 September tersebut, pengerjaan bagian dalam stadion yang telah selesai, sedangkan pengerjaan lingkungan stadion diperkirakan selesai pada Januari 2020. ”Kemungkinan bisa difungsikan seluruhnya baru Januari,” ucapnya.

Baca Juga: Telan Rp 301 Miliar, Stadion Manahan Jadi GBK Mini

Adapun Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Bangunan Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kusworo Darpito mengatakan, pembangunan menyisakan jalur atletik, fasad, pemasangan kursi, dan bagian arsitektural. Saat ini penyelesaian pembangunan mencapai 87,2 persen.

”Sesuai dengan rencana, fasad (bagian muka bangunan) berbentuk kawung untuk mengakomodir muatan lokal. Motif kawung juga sama diterapkan dalam penataan kursi,” ucapnya.

Proyek pembangunan Stadion Manahan sudah dimulai sejak Agustus 2018. Pembangunan ini menelan biaya sebesar Rp 301 miliar.

 

2833