Home Kesehatan Imbas Karhutla Dinas Pendidikan Harus Siap Liburkan Sekolah

Imbas Karhutla Dinas Pendidikan Harus Siap Liburkan Sekolah

Pekanbaru, Gatra.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Riau beberapa pekan ini dikhawatirkan bakal menganggu kesehatan para murid. 
 
Menurut Ketua komisi V DPRD Riau,  Aherson, kebijakan meliburkan sekolah dapat diterapkan untuk daerah yang sudah tergolong parah dilanda kabut asap. Namun keputusan itu mesti merujuk penilaian medis.
 
"Tentu minta pendapat dulu dari Dinas Kesehatan, seberapa besar dampak kabut asap yang menyelimuti beberapa wilayah di Riau," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat itu kepada Gatra.com, Selasa (6/8). 
 
Jika nantinya otoritas kesehatan menilai paparan asap berdampak tidak baik bagi kesehatan murid, maka Pemprov Riau harus menerapkan kebijakan meliburkan sekolah.
 
Aherson pun berharap Dinas Pendidikan melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan terhadap dampak paparan asap bagi kegiatan di sekolah. Jika nantinya paparan asap sudah tergolong parah di wilayah tertentu, maka Dinas Pendidikan harus mengambil kebijakan untuk melindungi para siswa.
 
Maraknya karhutla di Riau membuat penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mencapai 1.760 orang. Itu hanya jumlah di bulan Agustus. Adapun rincian warga di Riau yang terkena ISPA itu antara lain; Kota Pekanbaru 120 orang, Kabupaten Siak 551 orang, Pelalawan 281 orang, Kampar 299 orang, Kota Dumai 362 orang, Rokan Hilir 57 orang, Indragiri Hilir 42 orang dan Bengkalis 48 orang.
 
229