Home Gaya Hidup Darurat Karhutla, Kodim Sarko Apel Siaga 

Darurat Karhutla, Kodim Sarko Apel Siaga 

Merangin, Gatra.com – Terkait naiknya status darurat Karhutla di wilayah Provinsi Jambi khususnya wilayah Kodim 0420/Sarko, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun, Personil Kodim 0420/Sarko melaksanakan apel luar biasa siaga Karhutla, Jumat (9/8) di Makodim 0420 Sarko.

Menurut Dandim 0420/Sarko, Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto memberikan perhatian dan penekanan kepada anggota yang melakukan patroli Karhutla.

"Sesuai atensi Presiden Joko Widodo terkait atensi khusus wilayah berdampak serta instruksi satuan pimpinan atas saya tegaskan agar jika menemukan lahan terbakar harus segera diinvestigasi dan tindak lanjuti agar ada efek jera," kata Rohyat.

Dikatakan Rohyat selama ini karhutla secara umum 90 persen dilakukan karena kelalaian masyarakat dan hanya 1 persen karena faktor alam.

“Saya berharap di wilayah Merangin dan Sarolangun tidak ada titik api karena terjadinya kebakaran 99% kelalaian masyarakatnya dan 1 persen faktor alam, intinya yang kita lakukan rutin patroli, woro woro dan sosialisasi karhutla ke wilayah adalah pencegahan,” ujarnya.

Selain melakukan patroli, Rohyat juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar bisa bekerja sama agar di wilayahnya tidak ada lagi kebakaran.

"Peran masyarakat kita harapkan dalam pencegahan dan tentu saja unsur pemerintahan kabupaten hingga pemerintah desa kita libatkan, jangan sampai ada kebakaran lahan tapi tidak tahu dan ini jangan sampai terjadi namun saya yakin jika semua sudah sama-sama turun maka kebakaran hutan dan lahan tidak ada lagi," ucapnya.

196