Home Gaya Hidup Diskes Riau Minta Yang Sholat Ied di Lapangan Pakai Masker

Diskes Riau Minta Yang Sholat Ied di Lapangan Pakai Masker

Pekanbaru, Gatra.com - Besok Minggu (11/8), semua umat muslim akan menjalankan sholat Ied, baik di lapangan maupun di masjid. Khusus di Riau, umat muslim yang akan menjalankan sholat ied di lapangan, diminta untuk memakai masker lantaran kabut asap masih menyelimuti langit Riau.

Tak hanya menyarankan memakai masker, Dinas Kesehatan Riau malah sudah mendistribusikan masker ke semua daerah di Riau untuk dibagikan kepada masyarakat yang menjalankan sholat Ied di lapangan. Ambulance juga distandbykan di lapangan.

"Kami mempersilahkan masyarakat untuk sholat Ied dimana saja. Yang mau di masjid silahkan, di lapangan juga enggak jadi soal," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Diskes Riau, dr Yohanes kepada Gatra.com melalui sambungan telepon, Sabtu (10/8).

Yohanes menyebut, itu sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat yang akan menunaikan sholat Ied di lapangan ataupun di Masjid.

"Sulitnya juga sebenarnya untuk kita sampaikan. Sebab ini menyangkut keyakinan. Mau disodorkan data-data apapun, kalau sudah menyangkut keyakinan enggak akan berlaku. Itulah makanya, kita sangat menghormati masyarakat untuk sholat Ied di mana saja, asal pakai masker, itulah kita ingatkan," kata Yohanes.

Masker kata Yohanes sudah didistribusikan. "Kita akan bagikan masker itu untuk yang sholat di lapangan. Kita sudah bikin surat edaran soal pembagian masker itu ke Puskesmas yang ada di kabupaten/kota. Sebab pembagian masker itu memang tanggungjawab masing-masing puskesmas di tiap wilayah," katanya.

Sabtu (10/8), kabut asap ulah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tiga wilayah di Riau masih terus bercokol. Mulai dari Dumai, Pekanbaru dan Pelalawan. Akibat kabut asap itu, jarak pandang di tiga wilayah tadi terbatas. Keterbatasan jarak pandang itu ditambah pula oleh bau khas kebakaran yang menusuk hidung.

Badan Meteorologi dan Geofisika Pekanbaru merinci, titik panas di Riau pada Sabtu (10/8) mencapai 71 titik yang tersebar di 7 wilayah;Bengkalis 13 titik, Meranti 4 titik, Pelalawan 16 titik, Rokan Hilir 7 titik, Siak 24 titik, Indragiri Hilir 6 titik dan Indragiri Hulu 1 titik .

Dari jumlah itu, 51 titik diantaranya dipastikan kebakaran hutan dan lahan lantaran level konfidencenya sudah di atas 70 persen. Titik api tadi tersebar di Bengkalis 6 titik, Meranti 3 titik, Pelalawan 11 titik, Rokan Hilir 4 titik, Siak 22 titik dan Indragiri Hilir 5 titik.

492