Home Gaya Hidup Kementerian LHK Selidiki Kebun PT MAS yang Terbakar

Kementerian LHK Selidiki Kebun PT MAS yang Terbakar

Jambi, Gatra.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah memasang plang merah di konsesi PT Mega Anugerah Sawit (MAS) yang berada di Desa Sipin Teluk Duren, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi pada (3/8) lalu.

“Benar, kita bersama pihak terkait dan Kementerian LHK telah memasang plang merah di konsesi PT MAS. Selanjutnya kita akan lakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Ketua DPP Lembaga Pemantau dan Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH), Tri Joko Purwanto kepada Gatra.com, Sabtu (10/8).

Menurut Tri Joko, hasil penyelidikan sementara di areal konsesi PT MAS telah terbakar 200 hektar lebih dari jumlah konsesinya seluas 1.005 hektar yang telah lama ditelantarkan.

“Sampai sekarang hasil pemantauan kita api belum sepenuhnya padam. Bahkan, api mulai mendekati perkebunan masyarakat. Sekitar 700 meter lagi,” ujar Tri Joko.

Kapolres Muaro Jambi, AKBP Mardiono SH Sik pada Sabtu (10/8) terus memantau kondisi karhutla di Kabupaten Muaro Jambi menggunakan helikopter.

“Kita terus menyosialisasikan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran kebun dan lahan agar kondisi karhutla kita tetap aman,” ujar Kapolres Muaro Jambi, AKBP Mardiono.

1574