Home Politik Kapolri dan Panglima TNI Bertolak ke Lokasi Karhutla di Riau

Kapolri dan Panglima TNI Bertolak ke Lokasi Karhutla di Riau

Jakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertolak ke Riau hari ini, Senin (12/8). Rencananya, Tito dan Hadi akan memberikan arahan kepada anggotanya untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sana.

"TNI, Polri dan (pemerintah) daerah setempat, langsung meninjau lokasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Pelalapan, Riau. Panglima TNI dan Kapolri akan mengendalikan proses mitigasi kebakaran lahan dan hutan, yang boleh dikatakan menjadi sasaran prioritas utama," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (12/8).

Dedi menambahkan, lokasi karhutla di Riau cukup jauh, sehingga rombongan Tito dan Hadi menggunakan helikopter milik TNI. Setelah itu, keduanya bakal menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan roda empat. Kemudian berjalan kaki untuk mencapai titik kebakaran itu.

"Itu kan wilayahnya gambut, kalau menggunakan motor itu akan ambles. Harus jalan kaki sekitar dua kilometer menuju lokasi tempat pemadaman kebakaran hutan dan lahan," ujarnya. 

Adapun alasan mengunjungi Riau, kata Dedi, dikarenakan masifnya kebakaran di lokasi tersebut. Masyarakat disebut masih menggunakan cara tradisional, yakni membakar lahan untuk membuka lahan baru. Riau sendiri menjadi daerah yang diprioritaskan oleh Polri untuk penanganan karhutla.

 

 

186