Home Ekonomi DGS BI Sebut Perizinan Bisa Dukung Iklim Investasi

DGS BI Sebut Perizinan Bisa Dukung Iklim Investasi

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah terus memperbaiki iklim investasi agar para investor tertarik berinvestasi, salah satunya adalah kemudahan perizinan. Pemerintah juga sudah membuat perizinan satu pintu agar calon investor mendapat kemudahan. 

"Jadi harus satu pintu," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, ketika diwawancarai oleh Gatra.com, di Gedung BI, Jakarta, Rabu (14/8). Perizinan, kata Destry, harus melibatkan sinergi dari beberapa pihak terkait, seperti pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Tentunya saya berharap mereka bisa lebih mempermudah masalah perizinan dan welcome terhadap investor," harapnya. Selain itu, Destry juga mengharapkan adanya sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta dan investor. Karena, katanya, pembangunan tidak akan berjalan tanpa kedua pihak.

"Oleh karena itu, harus sinergi welcoming, dan investor friendly," sarannya. Hal ini disampaikan karena, menurut Destry, perizinan masih menjadi sebuah tantangan guna menciptkan iklim investasi yang mendukung. Seperti, halnya, ketika ingin melakukan suatu proyek, mungkin di pusat sudah dilaksanakan satu pintu. Namun, di daerah masih ada aturan tersendiri.

Meski begitu, ia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan sinergi ini akan terlaksana. "Saya rasa nantinya pemerintah daerah ke depannya akan semakin sadar bahwa pembangunan yang dilakukan di daerah memberikan manfaat juga untuk rakyatnya," tutupnya.

 

140