Home Milenial Walhi: Pemerintah Cuma Pasang Papan 'Dilarang Membakar'

Walhi: Pemerintah Cuma Pasang Papan 'Dilarang Membakar'

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah dinilai masih belum serius menangani masalah lingkungan, terutama kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan, Kiswoto Dwi Cahyono menilai isu-isu lingkungan hanya ada di atas kertas dan tidak dilirik pemerintah.  

"Sampai saat ini, belum ada aksi nyata dari pemerintah untuk menangani masalah karhutla. Asap karhutla justru semakin masif dan ini disebabkan semakin banyaknya izin lahan sawit dan Hutan Tanaman Industri (HTI) dikeluarkan," katanya dalam konferensi pers di kantor WALHI, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (14/8).

Pemerintah dinilai tidak belajar dari kasus karhutla yang pernah terjadi di Kalimantan Tengah. Seharusnya pemerintah lebih galak dalam penegakan hukum dan menetapkan regulasi dari hulur ke hilir. 

Upaya pemerintah dalam menangani Karhutla, sambung Kiswoto, patut dipertanyakan. Jika pemerintah serius, kabut asap karhutla tidak akan terjadi lagi di kemudian. 

"Saya tidak terima kalau hanya dipasang papan dengan tulisan 'dilarang membakar' atau sejenisnya karena kami (masyarakat) yang dikorbankan dalam setiap terjadinya karhutla," ujarnya.

122