Home Milenial Karhutla di Pesisir Selatan Berlanjut, 80 Ha Lahan Gambut Terbakar

Karhutla di Pesisir Selatan Berlanjut, 80 Ha Lahan Gambut Terbakar

Padang, Gatra.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih berlanjut dan semakin meluas membakar kawasan Hutan Produksi Konversi (HPK).

Kepolisian Resor Pesisir Selatan mencatat sedikitnya 80 hektare lahan gambut di Pesisir Selatan telah habis terbakar dalam waktu sepekan, dan semuanya dipastikan berada dalam HPK.

"Berdasarkan pantauan satelit, sedikitnya terdapat enam titik api. Namun yang paling parah di Kecamatan Lunang," ujar Kapolres Pessel, AKBP Fery Herlambang ketika dihubungi Gatra.com, Jumat (16/8).

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan dan meminta keterangan pemilik lahan di sekitar area guna mengetahui penyebab kebakaran. Salah satu lahan yang terbakar adalah milik Koperasi Bina Tani di Kecamatan Lunang.

"Apakah ini murni terbakar atau memang sengaja dibakar. Mereka [koperasi] berada di sekitar lahan yang terbakar. Kami akan minta keterangannya," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI dan Polri masih berjibaku memadamkan kobaran api.

Sebelumnya diketahui luas lahan gambut yang terbakar di Pessel seluas 50 Ha. Kebakaran terus berlanjut meski tim gabungan sudah berupaya memadamkan api, namun masih ada titik api yang tersisa.

Secara terpisah, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD, Doni Boy menyebutkan dalam pantauan satelit terdapat dua titik api yang kembali terlihat pada Rabu (14/8) lalu. Untuk mengantisipasi dampak yang lebih luas, pihaknya mulai menambah personel. 

"Personel kami di sana kini 20 orang. Awalnya hanya 10 orang. Medan yang rumit masih jadi kendala. Bahkan harus naik boat untuk bisa sampai ke lokasi," pungkasnya.

 

969