Home Gaya Hidup Jadi Universitas Terbaik ke-4, Langkah ITS ke Depan

Jadi Universitas Terbaik ke-4, Langkah ITS ke Depan

Surabaya, Gatra.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menempati peringkat keempat perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2019. Mengalahkan Universitas Indonesia (UI) yang berada di posisi kelima.

“Capaian ini merupakan kerja keras dari semua sivitas akademika ITS, baik dosen, staf ataupun mahasiswa semuanya berkontribusi, dan kami sangat bersyukur atas raihan ini,” kata Rektor ITS, Mochamad Ashari kepada wartawan, Sabtu (17/8). 

Ke depan, ITS akan terus meningkatkan manajemen pengelolaan data serta perbaikan dan peningkatan, terutama sumber daya manusia atau SDM.

SDM ini, papar Ashari, hitungannya jumlah Lektor Kepala dan Guru Besar dibagi semua dosen. Jumlah dosen yang berpendidikan S3 dibagi semua dosen. Kenyataannya, saat ini dosen di ITS sudah 45 persen menyandang gelar S3.

Selain itu, Lektor Kepala dan Guru Besarnya juga cukup banyak. “Tetapi data-data yang di Jakarta (Kemenristekdikti) masih banyak yang belum di-update, sehingga kita (ITS) terus lakukan updating dan perbaikan serta penyajian data terbaik,” bebernya.

Menurut Ashari, akan jadi percuma jika prestasi banyak tapi pendataannya tidak dikelola dengan baik dan tidak terlaporkan, sehingga tidak akan tersampaikan kepada masyarakat.

“Jadi terima kasih untuk semua pihak internal ITS yang sudah bahu-membahu dalam beberapa bulan terakhir ini untuk memperbaiki pengelolaan data dan kinerja,” ucapnya.

Ia mengaku adanya kendala yang muncul dalam beberapa poin penilaian. Sistem perhitungannya adalah berdasarkan jumlah, bukan persentase. Sedangkan jumlah kuantitas dosen dan mahasiswa di ITS termasuk kecil dibandingkan jumlah dosen dan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi yang peringkatnya di atas ITS.

Ashari mencontohkan dalam hal jumlah publikasi internasional. “Dosen ITS itu jumlahnya di bawah seribu dan harus bersaing dengan kampus yang jumlah dosennya, misal 2.500, itu yang agak susah, namun tetap kita terus berupaya melakukan yang terbaik,” ujarnya optimis.

Ashari mengingatkan, pemeringkatan ini hanyalah bonus yang didapatkan ITS untuk hasil kerja keras segenap elemen di dalamnya yang selalu mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan institusi secara keseluruhan.

Ashari menegaskan, ITS akan terus siap berkontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara ini sebagai lembaga pendidikan. Tujuan yang harus dikejar adalah memaksimalkan potensi-potensi yang ada di ITS.

“Agar ke depan, ITS dapat lebih memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” pungkasnya.

 

Reporter: Abdul Hady JM

Editor: Abdul Rozak