Home Ekonomi Bersama Ratusan Orang, Susi Bersih-bersih di Pantai Ancol

Bersama Ratusan Orang, Susi Bersih-bersih di Pantai Ancol

Jakarta, Gatra.com - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bersama ratusan orang membersihkan Pantai Timur Ancol Jakarta, Minggu (18/8).

Dalam kesempatan itu, Susi terjun langsung memungut sampah-sampah yang mengotori pantai. Ia menyayangkan perilaku membuang sampah ke laut. Menurutnya, hal itu dapat merusak ekosistem laut, terutama ikan dan terumbu karang.

"Kita tidak mau di 2030 nanti lebih banyak sampah plastik daripada ikan di laut kita. Laut pun harus sehat untuk ikan lebih banyak. Kita semua harus berubah. Hilangkan kebiasaan buruk," ungkapnya.

Susi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam menjaga kebersihan laut. 

"Jangan ada lagi yang membuang sampah ke laut dan kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Laut milik bangsa, yang harus menjaga bukan hanya pemerintah atau pandu laut saja, tetapi kita semua,

Dalam rangka menjaga keberlanjutan sumber daya laut, Indonesia telah mengembangkan kawasan konservasi perairan hingga mencapai 22,69 juta hektar.

Dari luas tersebut, sebanyak 5,34 juta hektar dikelola oleh KKP, 4,63 juta hektar dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta 12,68 juta hektar lainnya dikelola oleh Pemerintah Daerah. 

307