Home Gaya Hidup Larang Botol Plastik Sekali Pakai, Darmin: Sudah Enam Bulan

Larang Botol Plastik Sekali Pakai, Darmin: Sudah Enam Bulan

Jakarta, Gatra.com - Menko bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebut Kementerian Koordinator Perekonomian lebih dulu melarang penggunaan botol plastik sekali pakai dibanding Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pimpinan Susi Pudjiastuti.

Kepada wartawan, Darmin menyebut larang itu sudah ada sejak enam bulan lalu. Setiap rapat, Kemenko sudah tidak lagi ada botol plastik sekali pakai disajikan.

"Di kantor saya itu sudah lama. Mungkin sudah enam bulan ini," ungkap Darmin di Komplek Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mulai mengurangi penggunaan botol plastik sekali. Termasuk memperbanyak dispenser dan atap sollar cell di gedung-gedung milik kementerian.

"Kalau sekarang sih rapat sudah tidak pakai botol plastik, kemudian pegawai sudah bawa tumbler dan sebagainya" kata Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melarang adanya air mineral dalam kemasan plastik di acara-acara di KKP karena mengotori lingkungan. Serta menjadi sampah di lautan.

"KKP mengawali dengan tidak boleh lagi ada botol air mineral," kata Susi Pudjiastuti saat membuka simposium di KKP, Jakarta beberapa waktu lalu.

147