Home Ekonomi Kota Medan akan Tertinggal dari Daerah Lain di Sumut

Kota Medan akan Tertinggal dari Daerah Lain di Sumut

Medan, Gatra.com - Kota Medan diprediksi akan jauh tertinggal dibandingkan daerah lain di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bahkan kota terbesar ketiga di Indonesia itu juga tidak akan lagi menjadi pusat pergerakan ekonomi dimasa yang akan datang.
 
Prediksi ini disampaikan Anggota DPRD Medan, Ilhamsyah. Menurutnya, saat ini Medan sudah tidak lagi memiliki bandara udara. Selain itu, pelabuhan Belawan juga akan ditinggalkan oleh pelaku usaha menyusul dibukanya Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara serta pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sei Mangke.
 
 
"Kalau sudah tidak ada bandara, pelabuhan, bagaimana Kota Medan dimasa yang akan datang, pasti sudah tidak jadi pusat ekonomi seperti saat ini," katanya di Medan, Selasa (20/8).
 
Pusat ekonomi di Sumut akan berpindah ke wilayah Batubara dan Asahan. Namun, bukan saat ini tetapi 10 atau 15 tahun akan datang. "Kalau penduduk di sana sudah padat, tentu aktivitas sosial akan meningkat. Bukan tidak mungkin hotel, mall dan pusat hiburan akan dibangun di sana," ungkapnya.
 
 
Dengan berpindahnya bandara dari Medan ke Kualanamu di Deli Serdang, disebutkannya baik wisatawan lokal maupun mancanegara tidak akan lagi singgah ke Kota Medan apabila ingin ke Danau Toba.
 
"Dari bandara tinggal masuk tol, kedepan akan ada tol yang menghubungkan langsung ke Danau Toba. Medan juga bukan kota pariwisata, tidak ada alam yang bisa ditonjolkan," ungkapnya.
 
 
Selain itu, tol yang menghubungkan Kota Binjai ke bandara Kualanamu diakuinya juga akan menurunkan aktifitas ekonomi di Medan. "Ketika orang datang dari Aceh, Langkat dan Binjai hendak ke bandara cukup melalui jalan tol. Tanpa harus melintas di Kota Medan.  Begitu juga sebaliknya, dari Bandara kalau mau ke arah Binjai, Langkat atau mau ke arah Aceh cukup masuk tol," paparnya.
 
Politikus Golkar ini khawatir dengan masa depan Kota Medan di waktu yang akan datang. Pasalnya pusat pertumbuhan ekonomi akan muncul ketika ada kepadatan penduduk. Kebutuhan akan bermunculan seperti makan, perumahan. Setelah itu aktivitas sosial lainnya.
 
 
Untuk itu, dia menyebutkan bahwa Wali Kota Medan periode selanjutnya harus memiliki visi yang jelas khususnya mengenai nasib Kota Medan di masa mendatang. "Di Medan banyak rumah sakit, ada RS Adamalik, RSUD Pringadi dan banyak rumah sakit swasta. Itu harus dibenahi, kalau tidak Medan tidak akan tertinggal dibandingkan daerah lain, kalau tujuannya Medan ingin jadi kota kesehatan," ucapnya. 
4049