Home Politik Pemkab Muba Berkordinasi Pemprov Jambi Pedamkan Karhutlah

Pemkab Muba Berkordinasi Pemprov Jambi Pedamkan Karhutlah

 

Palembang, Gatra.com – Pemadaman kebakaran hutan, perkebunan dan lahan (Karhutlah) di Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumsel terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba langsung berkordinasi dengan Pemprov Jambi guna proses pemadaman di areal perbatasan tersebut,

"Karhutbunlah di Bayung Lencir ini berbatasan dengan Provinsi Jambi. Harusnya koordinasi antar Provinsi ini dilakukan Pemprov Sumsel, namun kita ingin gerak cepat karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Pemkab Muba yang turun tangan koordinasi dengan Pemprov Jambi," ungkap Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Rabu (22/8).

Pemkab Banyuasin mengutus staf ahli guna berkordinasi dengan Pemprov Jambi guna bergotong royong memadamkan api di Bayung Lencir.

"Staf ahli Bupati, Haryadi Karim sudah bertemu Sekda Provinsi Jambi M Diyanto. Hasilnya, pihak Pemprov Jambi membantu water bombing sekaligus pemadaman darat. Berkordinasi dengan stake holder guna penambahan personil di lapangan, guna mempercepat pemadaman kebakarannya,” terang Beni.

Pada upaya pemadaman karhutla ini, sudah dibentuk dua tim darat dan udara yang bersinergis bersama TNI/POLRI serta pihak lainnya guna memadamkan api dan mengevakuasi masyarakat yang paling terdampak karhutla.

Di Dusun V Desa Muara Medak diturunkan tim dari Dinas Perkebunan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Sedangkan di Dusun IX Desa Muara Medak diturunkan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, pemerintah juga menggelar doa dan sholat istisqo bersama agar dapat dilindungi dari bahaya kebakaran hutan dan lahan. Di samping itu, Bupati Dodi Reza juga telah berkomunikasi dengan Kepala SKK Migas untuk menginstruksikan perusahan-perusahaan KKKS yang ada di areal terdekat sekaligus kepada perusahaan perkebunan terdekat lokasi kebakaran.

"Selain itu tenda-tenda darurat dan dapur umum baik untuk warga dan petugas, dan telah dibangun, guna memasok kebutuhan,” ujar Dodi belum lama ini.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Sumsel yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mendampingi Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, PSC,M.Tr (Han) serta Danlanud SMH Palembang Kol. Pnb Heri Sutrisno melakukan patrol udara ke lokasi kebakaran lahan gambut di wilayah Bayung Lencir, Musi Banyuasin.

Di lokasi lapangan pada saat ini telah terjun tim satgas Gabungan yang terdiri dari tim TNI, POLRI, Pemkab Muba, Manggala Agni, Tagana dan dibantu oleh warga setempat dengan mengerahkan 19 alat berat membuat sekat sekat dengan kelebaran 15 meter dan dalam 5 meter guna menghalau percikan api.

117