Home Politik D3 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang Raih Akreditasi A

D3 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang Raih Akreditasi A

Semarang, Gatra.com - Program studi Diploma 3 (D3) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo mendapat predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kepala program studi D3 Perbankan Syariah, Johan Arifin mengatakan, pencapaian akreditasi ini sejalan dengan target program studi yang telah berdiri sejak tahun 2002 lalu. Prestasi itu merupakan hasil yang sudah dinantikan, karena sebelumnya program studi tersebut belum pernah berhasil mencapai akreditasi tertinggi.

"Alhamdulillah sesuai target, baru kali ini akreditasinya A, sebelumnya B. Jadi persiapan yang dari dahulu, saat ini menghasilkan buahnya," kata Johan, di kampus FEBI UIN Walisongo, Semarang, Kamis (22/8). 

Johan mengaku, persiapan sebelum dilakukan akreditasi D3 Perbankan Syariah, pihak universitas melibatkan bantuan dari mahasiswa, Lembaga Penjamin Mutu, dan alumni. Adapun tim assesor adalah Syauqi dari UIN Antasari Banjarmasin dan Syafiq M Hanafi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dengan meningkatnya akreditasi D3 Perbankan Syariah, maka program studi itu akan semakin diminati para calon mahasiswa baru. Kemudian, direncanakan akan ada penambahan kuota mahasiswa untuk D3 Perbankan Syariah.

"Sebelumnya hanya satu kelas. Tapi saat ini kami sudah menyiapkan plotting lokasi untuk dua kelas, Insyaallah akan terpenuhi," ujarnya.

Lebih lanjut, dengan hasil akreditasi yang memuaskan, program studi Perbankan Syariah akan terus berbenah. Pihaknya akan melakukan evaluasi, agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan learning outcomes.

673