Home Gaya Hidup TNI Turun ke Desa-desa Cegah Karhutla

TNI Turun ke Desa-desa Cegah Karhutla

Kerinci, Gatra.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengambil peran besar dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kerinci. Petugas berseragam loreng tersebut, turun hingga ke desa-desa untuk menemui petani agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Danramil Air Hangat, Kapten Nasrul mengatakan dalam beberapa bulan ini anggotanya terus menemui petani baik di sawah maupun di ladang, mensosialisasikan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Upaya tersebut, katanya, membuahkan hasil yang cukup baik. Saat musim kemarau seperti sekarang, hotspot di Kerinci nyaris tidak ada. “Kami datang langsung ke lokasi mereka (petani) bekerja dan mereka juga mengerti bagaimana dampak membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Nasrul, Jumat (23/8).

Ke depan, pendekatan secara persuasif terhadap petani akan terus dilakukan. “Mencegah lebih mudah dari pada memadamkan api yang sudah besar,” ucapnya.

Selain melakukan sosialisasi, personel juga terus meningkatkan patroli, terutama di wilayah-wilayah yang selama ini kerap terjadi pembakaran lahan.

209