Home Teknologi Buka Ritech Expo, Menristekdikti Puji Inovasi Mahasiswa

Buka Ritech Expo, Menristekdikti Puji Inovasi Mahasiswa

Denpasar, Gatra.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Pameran Inovasi Teknologi Ritech Expo 2019 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-24 di Provinsi Bali. Kegiatan tersebut akan berlangsung dari 25-28 Agustus 2019.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir hadir bersama jajaran direktorat jenderal dan kepala lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Nasir dalam kata sambutannya mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan dorongan pada generasi muda untuk terus berinovasi.

"Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memotivasi para generasi muda di seluruh Indonesia khususnya di Bali untuk selalu berinovasi. Semoga bisa muncul para inovator-inovator baru dari kegiatan ini," kata Nasir saat ditemui di Ritech Expo, Denpasar, Bali, Ahad (25/8).

Salah satu inovasi yang didatangi oleh Nasir adalah inovasi robot karya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Robot yang dinamakan Robot Pemadam Api Dome itu sendiri tercatat pernah memenangkan perlombaan robotik tingkat dunia yang berlangsung di Amerika Serikat.

Robot satu ini memang terkenal mendulang prestasi, termasuk menjuarai Kompetisi Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) pada 20-23 Juni lalu. Nasir berpendapat, inovasi seperti robot Dome Ini harus diperbanyak.

"Bagus, ini bermanfaat. Semoga ke depannya bisa dikembangkan kembali agar mampu menyempurnakan yang sudah ada saat ini. Ini yang kita dorong, inovasi teknologi yang bermanfaat," papar Nasir.

 

157