Home Kesehatan Bersihkan Karang Gigi Minimal 6 Bulan Cegah Penyakit Jantung

Bersihkan Karang Gigi Minimal 6 Bulan Cegah Penyakit Jantung

Jakarta, Gatra.com - Kebersihan gigi ternyata punya dampak yang baik juga terhadap kesehatan tubuh. Dokter Gigi sekaligus penulis buku, drg. Dea Safira Basori mengatakan, membersihkan karang gigi minimal 6 bulan sekali dapat mencegah penyakit katastropik.

 

"Akumulasi plak itu bisa menyebabkan karang gigi yang memiliki bakteri. Kalau abai bisa berbahaya. Bahkan, orang yang karang giginya banyak dapat mengidap stroke, penyakit jantung, endokarditis, dan bisa sampai gagal jantung," katanya usai acara talkshow Mustika Ratu bertajuk "Ekspresi Nusantara Untuk Keberagaman Indonesia" di Aula Sasono Wiwoho, Jakarta Pusat, Ahad (25/8).

 

Melakukan pemeriksaan 6 bulan sekali itu penting. Sebab, kita tidak tahu kalau ada infeksi yang tidak terdeteksi secara dini dan menyebabkan bakteri bisa masuk.

Menurut dokter Dea, bagi perempuan yang memiliki banyak karang gigi serta gusinya sering berdarah pun rentan mengalami kelahiran prematur.

"Karang gigi itu mengeluarkan bakteri yang menyebabkan gusi berdarah dan tulang di bawah gusi habis. Kalau habis tulangnya, pas kita bersihkan karang gigi, giginya akan goyang dan semakin sensitif. Jadi memang harus periksa minimal 6 bulan sekali," terangnya.

 

2991