Home Kesehatan Operasi Bayi Kembar di Palembang Diperkirakan 12 Jam

Operasi Bayi Kembar di Palembang Diperkirakan 12 Jam

 

Palembang, Gatra.com – Tim dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Mohammad Hoesin Palembang akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam perempuan, Selasa (27/8). Diperkirakan, operasi pemisahan bayi yang baru berumur 14 hari itu akan memakan waktu 10-12 jam.

Humas RSUP dr Mohammad Hoesin Palembang, Suhaimi mengatakan tim dokter rumah sakit pada tahun 2013 sudah berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam pada bayi Rahma-Rahmi . Pada tahun ini, operasi pemisahan bayi kembar siam anak Ny.OS akan digelar mulai pukul 06.00 wib, (27/8). “Senin malam ini, tim dokter kembali melakukan persiapan akhir guna operasi pada Selasa pagi. Diperkirakan waktu operasinya, 10-12 jam. Dan sudah diputuskan untuk segera dilakukan operasi pemisahan,” ujarnya, Senin (26/8) malam.

Bayi Ny. OS mengalami kembar siap sejak usia kehamilan 28 minggu. Kelahirannya pun dilakukan dengan operasi caesar, pada saat kehamilan 35 minggu atas indikasi eklamsi. Bagian perut dan dada kedua bayi saling menempel dengan berat total bayi saat lahir 2,3 kg.

“Selama kehamilan Ny.OS melakukan pemeriksaan kehamilan bidan sampai dengan usia kandungan 6 bulan, lalu melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan. Ibu diketahui akan melahirkan bayi kembar siam saat usia kandungan 28 minggu,” terangnya.

Operasi yang akan digelar pada pukul 06.00 wib itu akan ditangani oleh tim gabungan dari RSMH Palembang yang di pimpin oleh dr. Sindu Saksono, Sp. BA dan RS DR Sutomo Surabaya yang dipimpin oleh Dr.Agus Harianto SpA(K).  “Semoga operasi  dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

 

343