Home Gaya Hidup Diguyur Hujan Lebat Bikin ISPU Tebo Kategori Sedang

Diguyur Hujan Lebat Bikin ISPU Tebo Kategori Sedang

Tebo, Gatra.com – Wilayah Kabupaten Tebo, Jambi pada Selasa (27/8) pagi ini diguyur hujan yang cukup lebat. Turunnya hujan di Tebo ini pun sangat disyukuri oleh warga. Sebab, sudah beberapa bulan ini Tebo dilanda kemarau. Selain itu, hujan yang turun dapat mengurangi kabut asap yang sudah sepekan ini menyelimuti wilayah tersebut.

“Alhamdulillah hujan, semoga kabut asap hilang. Dan masih ada turun hujan lagi di Tebo,” kata salah seorang warga Kecamatan Tebo Tengah, Yarani.

Beberapa pekan belakangan ini Kabupaten Tebo juga diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hujan yang tak kunjung turun membuat kabut asap semakin pekat.

Selanjutnya, sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Tebo melaksanakan salat Istisqa dan doa bersama untuk meminta hujan kepada Allah SWT.

Sementara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo menyatakan turunnya hujan di wilayah Tebo membuat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) terkini berada di angka 83 atau tergolong sedang.

"Hasil pengukuran ISPU sementara PM10 116,4 nilai ISPU 83 kategori sedang. Ini dampak dari turun hujan hari ini," kata Kepala DLH Tebo, Eko Putra.

Eko juga menjelaskan untuk data yang dibaca pada alat ukur udara DLH, untuk ukuran baik dari kisaran 0 sampai 50, sedangkan untuk kisaran sedang itu dari 51 sampai 100. "Jadi ISPU Tebo saat ini kategori sedang," katanya.

347