Home Politik Kursi Berkurang, Demokrat Sumut Sebut Politik Identitas

Kursi Berkurang, Demokrat Sumut Sebut Politik Identitas

Medan, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut telah menetapkan 100 nama anggota DPRD Sumut periode 2019-2024. Ada partai yang perolehan kursinya naik, ada pula partai yang jumlah kursinya turun drastis, salah satunya adalah Partai Demokrat.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Demokrat Sumut, Heri Zulkarnain mengatakan berdasarkan hasil Pemilu serentak 2019, partainya mendapatkan 9 kursi. "Ya. Ini tak terlepas dari politik identitas yang kemarin hari muncul," katanya, Rabu (28/8).

Baca Juga: KPU Tetapkan 100 Anggota DPRD Sumut Periode 2019-2024

Padahal periode sebelumya jumlah kursi di Fraksi Demokrat berjumlah 14, ada penurunan 5 kursi. Dia beralsan dinamika 'politik identitas' menjadi penyebabnya. Dinamika itu, muncul beberapa tahun lalu dan tidak bisa dipungkiri, dinamika tersebut muncul saat Pilgub DKI 2017 dan Pilgub Sumut 2018. 

Hal tersebut menjadi salah satu faktor kemenangan calon yang bertarung di kedua pilgub yang berbeda itu adalah kontribusi umat muslim. Sementara lawannya mengambil posisi yang berseberangan. Hal itu menjadi wajar karena kompetisi tidak mungkin diasaskan kepada satu hal yang sama. 

Baca Juga: PDIP dan Gerindra Jadi Pimpinan Sementara DPRD DKI Jakarta

Isu perbedaan suku juga muncul di kedua kegiatan politik itu. Akan tetapi, faktor lainnya juga ada seperti perubahan strategi Demokrat juga menjadi faktor yang cukup signifikan. Hal itu juga disesuaikan dengan dinamika politik identitas yang muncul. "Di samping itu juga ada perubahan strategi antara pileg 2014 dan 2019 kemarin," jelas Heri.

Reporter: Putra TJ

640