Home Teknologi DLH Jakarta Pertimbangkan Alat Pembersih Sampah dari Prancis

DLH Jakarta Pertimbangkan Alat Pembersih Sampah dari Prancis

Jakarta, Gatra.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama PT Sustenea Konsultasi Indonesia melakukan demonstrasi alat pelampung jaring dari Prancis untuk membersihkan laut dan sungai. Terdapat 3 alat yang tersedia dan dilakukan uji coba pada alat yang berkapasitas 2 ton.

"Ada 3 macam, yang ini tadi saat demonstrasi berkapasitas 2 ton yang middle size, untuk mengangkut minyak, plastik, dan sampah. Ada juga yang lebih kecil, itu bisa dioperasikan oleh manusia kapasitasnya 1 ton. Dan ada juga yang lebih besar 10 ton kapasitasnya," ujar Direktur PT Sustenea Konsultasi Indonesia, Nicolas Bernier saat ditemui wartawan usai demonstrasi di Baywalk Pluit, Jakarta, Kamis (29/8).

Demonstrasi alat pelampung jaring untuk membersihkan laut dan sungai di di Baywalk Pluit, Jakarta, Kamis (29/8). (GATRA/Muhammad Guruh Nuary/tss)

Ia juga mengatakan, demonstrasi ini untuk melihat seberapa efektif penggunaan alat tersebut. Apalagi ia juga sudah beberapa kali bertemu dan melihat hasilnya sehingga DLH tertarik dan dilakukan demonstrasi.

"Kami sudah bertemu dengan Dinas Lingkungan Hidup sejak beberapa bulan yang lalu dan dari awal sudah tertarik dengan alat kami, dengan pelampung sampah kami. Kami juga beberapa kali melakukan pelatihan dan hari ini kami demonstrasi di depan semua stakeholder," ungkap Nicolas.

Baca juga: Pemko Banda Aceh Jajaki Penggunaan Alat Pembersih Sampah

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono yang hadir dalam demonstrasi tersebut, mengapresiasi teknologi pembersih laut ini. Ia akan mempertimbangkan alat tersebut dari segi efektivitas dan efisiensinya.

"Kami dari Dinas Lingkungan Hidup mengapresiasi terjadinya atau inisiasi dari satu penggunaaan teknologi, yang kami concern adalah bagaimana alat apapun itu bisa membantu membersihkan laut Jakarta dari plastik, dari cabang-cabang dan batang pohon sejenisnya," ucap Yusiono.

"Artinya, teknologi apapun yang akan digunakan untuk membersihkan laut kita, itu akan kita analisis dulu untuk melihat efektivitas dari alat tersebut," ungkapnya.

449