Home Politik Pembangunan Gedung Baru DPRD Jateng Ditarget Rampung 2022

Pembangunan Gedung Baru DPRD Jateng Ditarget Rampung 2022

Semarang, Gatra.com - Pembangunan gedung baru DPRD Jawa Tengah (Jateng) yang sempat tertunda, akan dimulai pada 2020. Pekerjaan pembangunan ditargetkan rampung dalam waktu dua tahun.

Sekretaris DPRD Jateng, Urip Sihabudin, mengatakan saat ini sedang dilakukan proses lelang detail engineering design (DED) gedung baru dewan dan awal 2020 dilakukan lelang pembangunan fisik.

“Pada Mei 2020 diharapkan sudah bisa dimulai pembangunan fisik bangunan,” katanya di Gedung DPRD Jateng di Semarang, Selasa (3/9).

Pembangunan gedung baru DPRD Jateng, lanjut ia, dikerjakan secara multi years selama dua tahun, sehingga akan rampung pada 2022 mendatang.

Menurut Urip, lokasi pembangunan gedung baru dewan akan menempati gedung Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng yang letaknya berdekatan dengan gedung dewan lama di Jalan Pahlawan Semarang.

“Gedung BPKAD nantinya dibongkar untuk dibangunan gedung baru DPRD Jateng setinggi 11 lantai dengan anggaran senilai Rp137 miliar sudah lengkap,” ujarnya.

Bila bangunan gedung sudah rampung, nantinya setiap anggotan dewan mendapatkan ruang kerja tersendiri. Tidak seperti sekarang tidak ada ruangan untuk anggota dewan.

Sambil menunggu pembangunan gedung baru, lanjut Urip, pihaknya melakukan langkah penataan ruangan yang ada agar bisa ditempati 120 anggota DPRD Jateng periode 2019-2024.

Penataan ruangan ini dilakukan karena adanya penambahan 20 orang anggota dewan dari sebelumnya hanya 100 orangg anggota, sedangkan untuk menambah ruangan tidak bisa.

Penataan ruang ini terutama dilakukan untuk ruang fraksi, seperti Fraksi PDIP yang bertambah cukup signifikan dari semula 27 anggota menjadi 42 anggota, Fraksi PKB dari semula 13 menjadi 20 kursi.

“Untuk menambah ruangan fraksi lagi tidak memungkinkan sehingga mengoptimalkan ruang yang ada,” ucapnya.

Seperti diketahui, pembangunan gedung baru DPRD Jateng rencananya dikerjakan pada 2016 dengan anggaran Rp12 miliar. Namun kebijakan pemerintah pusat waktu itu tidak membolehkan pembangunan gedung baru sehingga hal itu dibatalkan.

Padahal, DPRD Jateng juga sudah membuat maket gedung baru yang dipajang di ruang lobi gedung DPRD Jateng di Jalan Pahlawan Semarang.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebelumnya telah menyetujui usulan rencana pembangunan gedung baru DPRD Jateng karena kapasitas gedung yang sekarang sudah tidak mencukupi dan penataan ruangnya kacau.

794