Home Kesehatan Biasakan Anak-anak Melakukan Aktivitas Fisik Sejak Dini

Biasakan Anak-anak Melakukan Aktivitas Fisik Sejak Dini

Jakarta, Gatra.com - Tingkat obesitas di Indonesia terus meningkat dan mencapai 21,8% pada tahun 2018. Untuk mencegahnya, harus sudah dipersiapkan sejak dini dengan membiasakan anak-anak melakukan aktivitas fisik.

"Jauhkan anak-anak dari gadget [gawai], ajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik. Anak-anak juga jangan terlalu didorong untuk belajar akademik saja. biarkan mereka bermain," kata Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga, dr. Zaini K Saragih Sp.KO di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Rabu (4/9).

Menurutnya, berlari, melompat, dan memanjat adalah sebuah aktivitas fisik alami yang muncul saat mereka sedang bermain. Bermain menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat membuat ototnya kuat dan mencegah potensi obesitas yang menjadi awal mula penyakit tidak menular lain.

"Otot kita kalau tidak dipakai akan mengecil. Bukan karena tidak makan, tetapi tidak pernah dipakai untuk beraktivitas fisik. Jadi anak-anak yang tidak pernah melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, ototnya akan lembek dan tidak bisa menjadi generasi yang unggul," ucapnya.

Selain itu, Zaini mengungkapkan bahwa anak-anak juga tidak boleh terpaku pada satu jenis olahraga. Mereka harus melakukan banyak macam olahraga. Sebab, jika hanya satu jenis olahraga, otot di tubuh tidak akan berkembang serta berfungsi secara maksimal.

"Harus melakukan banyak macam olahraga sampai umur 12 tahun. Nah, nanti kalau setelah usia 12 tahun dan mau memilih cabang olahraga tertentu atau menjadi atlet itu silakan. Tetapi sebelumnya, biarkan mereka mencoba semua jenis olahraga. Orang tua pun wajib mengajak anak-anaknya untuk melakukan aktivitas fisik bersama-sama," katanya.

303

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR