Home Kesehatan Wagub Akui Kabut Asap di Kalbar Semakin Pekat

Wagub Akui Kabut Asap di Kalbar Semakin Pekat

Pontianak, Gatra.com - Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengakui ketebalan kabut asap semakin parah khususnya di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat.

“Bulan lalu hotspot lebih banyak dari saat ini. Namun ketebalan kabut asap tidak seperti saat ini. Saat ini lebih tebal,” ucapnya seusai gelaran doa bersama untuk negeri di Taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Senin (9/9).

Dirinya menuding kabut asap semakin pekat di Kalbar akibat kiriman dari daerah lain. Karena saat ini dirinya mengklaim hotspot tidak sebanyak bulan lalu yang mencapai lebih dari 1000 titik.

"Doa bersama yang digelar ini selain untuk keutuhan NKRI, kita juga meminta agar diturunkan hujan. Supaya kabut asap cepat hilang dan aktivitas bisa berlangsung normal kembali," terangnya.

Terkait adanya hotspot di lahan konsesi, ia menyebut telah tegas diatur dalam peraturan Gubernur Kalbar. Apabila karhutla terjadi karena tidak sengaja dibakar dan dekat lahan konsesi, maka akan dicabut izinnya selama lima tahun dan dilaporkan ke kepolisian.

Sementara itu Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono menyebutkan pihaknya berkomitmen untuk menangani kasus hukum karhutla. Meski begitu ia berpesan agar masyarakat juga dapat berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar segera diturunkan hujan, agar Karhutla dapat bisa segera teratasi.

 

 

142