Home Kesehatan Diapit Sumatera-Kalimantan, Udara Kepri Rawan Kabut Asap

Diapit Sumatera-Kalimantan, Udara Kepri Rawan Kabut Asap

Tanjungpinang, Gatra.com - Udara di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi tercemar kabut asap lantaran letak geografis gugusan pulau ini berada di antara Sumatera dan Kalimantan.

Itulah makanya, saat di Pulau Kalimantan maupun di Sumatera terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kepri akan kena imbasnya.

"Angin yang berhembus dari Tenggara ke Selatan, membawa asap dari Kalimantan ke langit Kepri. Meski begitu, kabut asap yang menyelimuti udara sebagian wilayah Kepri masih dalam kategori aman," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimtologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusumah kepada Gatra.com, Selasa (10/9).

Memang kata Bhakti, di Kabupaten Bintan sering juga terjadi karhutla, tapi kejadian itu hanya berdampak pada sekitar lokasi.

Seperti hasil pantauan BMKG Tanjungpinang pada Senin (9/9) misalnya. Ada satu titik panas di kawasan Bintan. Dampaknya hanya di sekitar lokasi.

Itu artinya, kabut asap yang menyelimuti daerah Kepri tak bersumber dari karhutla di Bintan itu, tapi berasal dari Pulau Kalimantan.

Sejak Senin (9/9), udara sebagian Pulau Bintan, Kepulauan Riau mulai diselimuti kabut asap, terlebih saat pagi dan sore hari. Jarak pandang berkisar antara 5-7 kilo meter. "Jarak pandang seperti itu masih amanlah untuk penerbangan dan transportasi laut," ujar Bhakti.


Reporter: Fathur Rohim

 

352