Home Ekonomi Bupati Ajak Manfaatkan Dana Gampong Demi Kesejahteraan

Bupati Ajak Manfaatkan Dana Gampong Demi Kesejahteraan

Aceh Besar, Gatra.com - Sebanyak 134 Keuchik (Kepala Desa) yang terpilih pada Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak 2019 di Kabupaten Aceh Besar masa jabatan 2019-2025 resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali yang bertempat di Gedung A Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Selasa (17/9).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali; Kapolres Aceh Besar, AKBP Ayi Satria Yuddha; unsur Forkopimda Aceh Besar; dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Aceh Besar; serta undangan lainnya. 

"Saya minta kepada para Keuchik yang baru dilantik agar dapat memanfaatkan dana gampong (desa) untuk membuat program peningkatan ekonomi masyarakat di gampong masing-masing. Kita harapkan alokasi dana gampong yang dianggarkan oleh Pemerintah ke setiap desa di kabupaten itu harus mampu membuat program peningkatan ekonomi, usaha kecil, sosial budaya untuk kesejahteraan masyarakat dengan keterlibatan seluruh warga," ujar Bupati Mawardi.

Ia juga menjelaskan, dana desa yang telah dialokasikan oleh Pemerintah yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) tersebut dapat menjadi gampong sejahtera dengan kekuatan swadaya.

"Kami sangat berharap agar dana desa atau gampong yang diberikan kewenangan penuh pada desa dapat dikelola secara maksimal untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pembangunan," jelasnya.

Program pembangunan yang diajukan melalui APBG tersebut juga harus disinkronkan dengan kabupaten sehingga program yang telah dicanangkan dapat berjalan maksimal di masa mendatang. Untuk itu, agar para keuchik yang baru dilantik tersebut dapat mengemban amanh sebaik-baiknya untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat serta menjadi tauladan bagi warga yang dipimpinnya.

 

84