Home Kesehatan Kebakaran di Dairi Bukan Hutan

Kebakaran di Dairi Bukan Hutan

Medan, Gatra.com - Kepolisian selidiki kebakaran di kawasan perbukitan Danau Toba Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Pihak kepolisian, khususnya Polsek Sumbul dan Polres Dairi tetap melakukan penyelidikan terkait kebakaran tersebut. 
 
Kasubbid Penmas Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan bahwa hasil pemeriksaan sementara, kebakaran bukan lahan hutan melainkan ladang milik masyarakat.
 
 
"Bukan kawasan hutan, tapi perladangan masyarakat. Memang ladang itu perbatasan dengan hutan. Tapi, yang terbakar adalah ladang, yang luasnya diperkirakan satu hektare. Kita masih lidik," ungkap Jumat (20/9). 
 
Dari hasil penyelidikan sementara, dugaan asal kebakaran terjadi disebabkan puntung rokok milik warga atau petani yang bekerja atau yang sedang melintas. "Rumput ilalang yang ada di perladangan masyarakat sedang kering karena beberapa minggu terakhir tidak ada hujan di Kecamatan Silahisabungan," terangnya. 
 
 
Diberitakan sebelumnya, sekitar 20 hektar kawasan hutan di tepi Danau Toba  di Desa Silalahi III Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, Provinsi Sumut terbakar, Rabu (18/9). Penyebabnya diduga karena puntung rokok.
 
Mengetahui informasi itu brigade pengendalian kebakaran hutan Manggala Agni Daops Sibolangit, langsung turun ke lokasi bersama tim Gabungan TNI, POLRI dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Tim gabungan cukup kesulitan menuju lokasi lantaran Medan yang dilalui cukup berat dengan kemiringan sekitar 60 derajat.
 
Reporter: Iskandar
240