Home Politik Kampanye #SawitItuBaik, Greenpeace: Lebih Baik Bantu Padamkan Karhutla

Kampanye #SawitItuBaik, Greenpeace: Lebih Baik Bantu Padamkan Karhutla

Jakarta, Gatra.com - Greenpeace meminta Pemerintah Indonesia tidak perlu mengampanyekan #SawitItuBaik pada situasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat ini. Kepala Kampanye Hutan Global Greenpeace Asia Tenggara, Kiki Taufik mengatakan, seharusnya pemerintah mengupayakan langkah yang lebih bermanfaat dibandingkan kampanye #SawitItuBaik.

"Seharusnya pemerintah ikut berupaya memadamkan asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Berikan juga fasilitas kesehatan (faskes) rumah sakit paru-paru dengan mempersiapkan oksigen bagi masyarakat yang terdampak karhutla," katanya saat dalam konferensi pers di Oria Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Lanjutnya, sampai saat ini, Pemerintah Indonesia tidak berusaha melindungi masyarakat. Bahkan pemerintah tidak menjalankan gugatan citizen law suit terkait karhutla di Kalimantan Tengah pada 2015 silam yang dimenangkan masyarakat. 

"Gugatan yang kami sampaikan yaitu pemulihan lahan gambut dan membangun rumah sakit. Itu saja yang seharusnya dijalankan pemerintah," ujarnya.

Ia menyayangkan, poin penting seperti citizen law suit tidak dijalankan, tetapi malah mengampanyekan #SawitItuBaik pada situasi karhutla. Menurutnya, ini menunjukkan pemerintah tidak berniat melindungi masyarakat. 

184