Home Kesehatan Hujan Turun, Asap Berkurang

Hujan Turun, Asap Berkurang

Medan, Gatra.com - Hujan yang mengguyur Kota Medan, Rabu (25/9) mengurangi ketebalan asap yang menyelimuti selama tiga hari terakhir. Masyarakat bersyukur karena kabut asap perlahan mulai hilang.

Dalam beberapa hari terakhir kondisi kabut asap di Kota Medan akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau sangat mengkhawatirkan. Jarak pandang di perkotaan juga mengalami penurunan. 

Baca Juga: Antisipasi Penyakit ISPA, Puskesmas Harus Siaga

Bahkan warga Medan dikhawatirkan rentan terjangkit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Namun saat ini, kondisi udara di Medan perlahan membaik. 

Namun, Rabu (25/9) kawasan Kota Medan diguyur hujan untuk jangka waktu yang tergolong lama. Hujan yang mengguyur Medan berkontribusi positif untuk mengurangi kabut asap. 

Baca Juga: Diguyur Hujan, Titik Panas Masih Marak di Riau

“Kita bersyukur hujan turun. Karena kalau tidak turun udara akan sangat kotor. Jarak pandang saja sudah sangat terganggu. Kita berharap untuk beberapa hari kedepan masih turun hujan,” terang salah seorang warga, Tanty Relita, 34.

Sebelumnya pihak Pemko Medan telah membagikan masker dan meminta seluruh pusat layanan kesehatan agar membuka posko untuk penanganan cepat terhadap warga yang mengalami gangguan kesehatan akibat cuaca buruk. 

Reporter: Baringin Lumban Gaol

523