Home Milenial Aksi Simpatik Polisi Dalam Pengamanan Demonstrasi di Cilacap

Aksi Simpatik Polisi Dalam Pengamanan Demonstrasi di Cilacap

Cilacap, Gatra.com – Aksi simpatik dilakukan oleh kepolisian dalam pengamanan demonstrasi di depan kantor Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Cilacap. Polisi membagikan air mineral dan permen sebagai bentuk pengamanan yang humanis.

Aksi damai tersebut digelar oleh Aliansi Mahasiswa untuk menolak seluruh RKUHP yang jauh dari nilai-nilai semangat demokrasi. Selain itu, demonstran juga menuntut seluruh anggota dewan untuk merealisasikan janji serta menjadi penyambung lidah rakyat.

“Ada 500 personil gabungan Polres, Polsek jajaran, Brimob Banyumas dan Satpol PP Linmas Kabupaten Cilacap diturunkan untuk melaksnakan pengamanan di depan gedung DPRD Cilacap agar aksi damai berjalan lancar,” kata Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, dalam keterangannya, Kamis (26/9).

Kapolres yang turun langsung memimpin pengamanan aksi damai itu menyatakan mengawal selama kegiatan aksi damai dengan jaminan keamanan. Dia menegaskan bahwa kepolisian melakukan pendekatan persuasif dan humanis dalam pengamanan demonstrasi ini.

“Mari kita saling bergandeng tangan menjaga kemanan dan ketertiban jangan sampai aksi damai ini disusupi oleh provokator yang akan merugikan kita semua” ucapnya.

Kapolres menjelaskan, dalam pengamanan aksi demonstrasi tersebut, pihaknya menerjunkan Polwan Polres Cilacap di garda depan sebagai tim negosioator. Para Polwan berhadapan lanngsung dengan para mahasiswa berkomunikasi dengan massa.

Dalam kesempatan itu, bahkan para polwan juga membagikan air mineral dan permen. Harapannya terjalin komunikasi yang baik agar aksi bisa berjalan aman dan damai.

Pengamanan di lapis berikutnya adalah tim pengendali massa dari Sabhara dan Brimob. “Pengamanan aksi damai kami laksanakan dengan cara humanis terhadap siapa pun yang melakukan aksi demo agar tercipta kondisi akan aman, tertib dan terkendali, imbuhnya.

517